Cara membuat Puisi yang sebenarnya sulit namun tidak setelah teman membaca artikel ini, dan Contoh Puisinya pun langsung saya tulis beserta seluruh artikel ini,agar lebih nyambung dan mudah di pahami.

Karena membuat tutorial tanpa adanya contoh yang bagus tentu tidak terlalu Keren dan terlihat mengada ada. dan dengan adanya contoh puisi dibawah ini mudah mudahan teman dapat dengan mudah memamhami cara membuat puisi ala otwsangir ini.

silahkan cek contoh puisi dibawah ini teman…!

Contoh 1 :

Aku Ingin

Karya : Supardi Joko Damono

Aku ingin mencintaimu secara sederhana

Dengan kata yang tak sempat di ucapkan kayu

Kepada api yang menjadikannya abu

 

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan syarat yang tak sempat di sampaikan awan 

Kepada hujan yang menjadikannya tiada

Jujur saya menemukan puisi ini ketika mencari contoh puisi yang baik dan benar agar pas dengan artikel ini. dan saya menemukan puisi Aku Ingin ini.tapi jadi galau euy. hehe.

Contoh 2.

Rinduku

Karya : Hasbi Zulkarni

Indah cahaya langit di senja hari

Pancaran kilau berkalung emas si laut biru

 

Aku ingin bulan saat kau tiba nanti

Ukir bayangmu diriak laut biru

 

Jaga aku angin…! ku ingin tetap terjaga..!

Saksikan aku riak…! saat saksikan kamu..!

 

Kala nanti bias sang mentari 

Telah berganti sinar rembulan

 

Mengubah bias kalung emas laut biru

Menjadi bias sendu wajah kasihku

 

Taukah kau riak di lembut gerak mu

Sangat ingin kulihat senyum ***** ku

 

Dan puisi yang ini saya tulis sendiri sekaligus dengan semua artikel ini,dengan cara memanfaatkan rasa rindu kepada sebuah nama yang saya ganti dengan tanda bintang di atas.

Dengan dua contoh puisi di atas kita bisa menguraikan cara membuat puisi dengan dua tahap seperti di bawah ini

→pada tahap pertama adalah adalah Cara/tutorial menulis puisi yang paling lengkap namun mudah di pahami

→Tahap adalah adalah kiat kiat yang bisa menjadi inspirasi teman untuk membuat puisi sendiri.

cek selengkapnya dibawah ini teman…

 

Tahap ke 1.Tutorial/Cara Membuat Puisi

Cara menulis puisi ini lebih tepatnya adalah langkah-langkah yang yang harus dilakukan dalam menulis sebuah puisi. lebih tepatnya lagi tutorial menulis sebuah puisi.

1. Cara Sederhana

Cara ini sudah pernah saya tulis pada artikel cara Update Status Facebook dan cara ini benar-benar sederhana.

Jika kamu punya adek/ponakan yang masih sekolah dan dia dapat PR membuat puisi tentang guru atau puisi ibu..  maka cara ini ajarkanlah padanya.

Caranya gampang..! 

Silahkan diaduk dulu terus masukkan bahan-bahannya. dan setelah itu tunggu hingga matang hehe… sory

Silahkan buat sebuah kalimat apa saja yang teman suka.yang penting agak puitis dikitlah.

Setelah itu buat kalimat kedua yang agak puitis juga, gak terlalu puitis juga gak apa apa.

Setelah itu buat kalimat ketiga yang ke empat kelima sampai sehabis ide teman dalam menulisnya.

Udah kelar sebuah puisi….!

haaah konyol amat..???

Memang sih… Tapi cara ini benar bisa loh untuk membuat sebuah puisi..

Yang penting teman harus memilih kata terkhir dengan huruf yang beraturan. 

Misalnya huruf terakhir pada kalimat pertamanya “A” 

Huruf terakhir pada kalimat keduanya “A”

Huruf terakhir pada kalimat ketiganya “I”

Contoh :

Sampai nanti aku jera [A]

Menanti sebuah asa [A]

Yang selalu mengusik hati [I]

 

Tentang  rasa cinta [A]

Untuk seorang pria eh wanita [A]

Yang entah kapan dia kembali [I]

 

KET: format

A-A-I

A-A-I

 

Nah terus aja menulis kayak gitu sampai habis. kalo agak ribet cari aja kata kata yang huruf belakangnya ‘I’ Semua atau ‘A’ semua.

Cukup mudah kan teman. dan PR adek kamu selesai sudah menggunakan trik ini….!

2. Cara Rumit

Cara membuat puisi berikutnya merupakan cara yang cukup rumit tapi kita semua pasti bisa melakukannya. dan cara ini tidak akan menjadi rumit lagi setelah sekali mencoba. 

Berikut caranya…

Cara Pertama

Pilihlah kata yang tepat,dalam merangkai kata-kata yang akan teman jadikan puisi.

Jika cara pertama poin diatas hanya menuliskan kata-kata yang teman suka dan teman ingat.

Sedangkan kali ini teman harus memilih kata-kata yang pas dan tepat agar puisi teman menjadi semakin indah.

Dan cara ini bisa dilatih dengan membuat sebuah kalimat dengan kalimat lain yang maknanya sama.

Contoh : Kata kata Untuk Kalimat “Aku Rindu Kamu”

→Bayangmu menari di hati dan pikiranku

→Saat ini serasa aku sedang memeluk kamu

→Di Pelupuk mata tak berarti,dalam jiwaku kamu serasa ada

Ket : Ketiga kalimat diatas mempunyai arti yang sama yakni ‘AKU RINDU KAMU’

Itulah salah satu trick memilih kata kata dalam menulis puisi yang bisa kamu terapkan sat ini juga.

Dan cara ini pun saya terapkan pada contoh 2 pada puisi di atas.

Banyak kata yang saya ganti sampai pada akhirnya saya menetapkan kata seperti pada puisi tersebut.

Info :

Dalam menulis puisi memang itu yang dilakukan, yakni mengubah kalimat sederhana menjadi kalimat yang mengandung majas.

Jadi setiap puisi pasti memakai majas

Sedangkan majas sendiri adalah: pemanfaatan keragaman bahasa untuk memperoleh efek-efek tertentu agar kalimat yang di rangkai seolah olah menjadi hidup.

Cara Kedua

Yang kedua ini merupakan lanjutan dari cara pertama diatas.

Dimana kamu membuat dulu semua kalimat mentah yang nantinya akan kamu ubah menjadi majas yang akan kamu pakai dalam mengolah kalimat mentah tersebut

Lebih lengkapnya lihat rangkaian di bawah ini.

→Tentukan tema puisi kamu. misal tema cinta.

→Pilih cerita yang tepat. misal cerita tentang rindu.

→Buat semua kata mentah dan urut kan.

Contoh :

Suasana sunset 

Dipinggir pantai

 

Bulan malam nanti

Tergambar di atas laut

 

Aku ingin tetap bangun

Dan aku ingin saksikan

 

Cahaya sunset yang hilang

Berganti sinar bulan

 

Yang menggambarkan

Wajah kekasihku di permukaan laut

 

Itu lah contoh kata-kata yang belum saya ubah menjadi puisi pada contoh nomor 2 diatas.

Setelah di ubah dengan mengunakan majas maka jadilah puisi tersebut.

Saya yakin versi teman pasti lebih keren lagi dari pada puisi rindu yang saya buat pada contoh puisi nomer dua.

Dan cara terakhir adalah.

3. Cara Tersulit

Cara yang terakhir adalah cara tersulit yang sebenarnya tidak akan terlalu sulit bagi yang sudah ahli. heee iya sih semua juga begitu.

Dan caranya adalah.

Kamu harus mempunyai sebuah kronologis. sebuah benda/sebuah hal,atau sebuah kejadian.

Dan kronologis tersebut kamu buatkan sebuah kalimatnya,dan kalimat tersebut kamu ubah menjadi majas.

Atau kamu ubah langsung kronologisnya menjadi sebuah majas. untuk contohnya lihat puisi Aku Ingin diatas yang di ciptakan oleh supardi joko damono.

Kenapa cara ini saya sebut cara tersulit…?

Karena banyak hal yang harus di persiapkan dalam menulis puisi jenis ini. dan harus lebih fokus dengan mengunakan kata-kata yang cerdas dan pas agar hasilnya maksimal.

Yang disebut hasil puisi yang maksimal adalah.

Puisi yang membuat semua orang terkagum dengan keindahan baitnya. padahal terlihat sederhana namun bermakna luas.

Contoh :

Puisi Aku ingin dari pak supardi Joko Damaono

 

Aku ingin mencintaimu secara sederhana

Dengan kata yang tak sempat di ucapkan kayu

Kepada api yang menjadikannya abu

 

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan syarat yang tak sempat di sampaikan awan 

Kepada hujan yang menjadikannya tiada

 

Jika dimaknai secara sederhana maka artinya adalah mencintai/mengagumi meski disakiti atau di hancurkan.

Jika dimaknai secara mendalam maka artinya bisa lebih mengena lagi dari makna sederhana diatas.

Yang pasti penulis puisi Aku Ingin ini adalah orang yang cerdas.

Dan kamu yang sedang membaca ini pasti lebih cerdas dari saya dan teman bisa membuat puisi bagus seperti puisi aku ingin karya pak supardi joko damono ini.

 

Tahap Ke 2. Kiat kiat/Tips Membuat Puisi

Tips disini maksunya adalah kiat-kiat yang tepat untuk membuat sebuah puisi agar puisi yang teman tulis selesai dengan hasil yang maksimal. 

1. Memanfaatkan Suasana

Dalam menulis kita di tuntut untuk fokus pada apa yang akan kita tulis,seperti menulis artikel,menulis buku,menulis cerpen.

Begitu juga dalam menulis puisi, tentu ini lebih rumit lagi dan harus lebih fokus lagi dalam menulisnya.

Untuk itulah kita harus mencari dan memanfaat kan semua suasana yang kita alami.

Untuk saya pribadi saya lebih cenderung ingin menulis puisi ketika saya sedang bersedih,dan lagi galau berat. disaat saat seperti itu banyak sekali hal yang terlintas dalam pikiran saya untuk saya tulis.

Dan teman juga bisa memanfaatkan suasana tersebut untuk menulis sebuah puisi sedih yang bagus.

Ketika bahagia pun begitu kadang ada saja ide brilian yang terlintas di pikiran saya ketika saya sedang merasa bahagia.

Nah manfaatkan lah moment moment tersebut agar teman bisa menulis puisi secara fokus dan tidak terganggu oleh hal lain yang merusak suasana puitisasionalisme teman. hehe

2. Menjiwai Puisi Yang Kamu Buat

Lebih tepat nya adalah teman membuat puisi sesuai dengan pribadi teman sendiri, tentu teman tidak ingin memaksakan membuat puisi seperti “Mario Teguh” eh bukan..!, maksud saya Chairil Anwar yang makna puisinya begitu mendalam.

Jika teman membuat puisi sesuai dengan gaya atau pribadi teman sendiri tentu puisi tersebut lebih gampang dan mudah meresap kedalam sanubari teman bukan. aduh lebay lagi.

Nah ketika itulah puisi teman akan mengalir dengan sendirinya kamupun jadi mudah mendapatkan kata-kata yang tepat.

Dan Puisi tersebut akan menjadi indah seindah puisi yang pernah di buat oleh Pak Chairil Anwar. 

3. Pilih Tema Yang Kamu Sukai

Maksudnya adalah lebih baik menulis sebuah puisi mengunakan tema yang paling kita sukai.

Banyak orang yang jago menulis puisi namun mereka belum tentu menguasai semua tema yang ada.

Misalkan kamu ahli dalam membuat puisi tentang keindahan alam, dan belum tentu kamu ahli dalam membuat cinta. begitu juga sebaliknya.

Jika kamu seorang yang flamboyan dan romantis maka pilihlah tema percintaan untuk teman jadikan puisi yang keren.

→Misalnya puisi cinta dibalut dengan hal sedih

→Atau puisi cinta yang menceritakan kebahagiaan

→Atau puisi ketika kamu jatuh cinta.

 

4 Tentukan Apa yang Ingin Kamu Sampaikan

Jika teman hanya menulis puisi tapi tidak tau tujuan dan jalan cerita puisi tersebut.

Tentu pembacanya jadi bingung dengan makna yang terkandung dari puisi teman.

Sekalipun kata-kata nya indah banget tapi itu akan percuma jika hanya mengandalkan kata-kata saja. karena inti dari puisi adalah makna yang terkandung didalamnya.

Jika tujuan dari puisi teman tidak jelas tentu makna nya pun akan tidak jelas.

Pada contoh menulis puisi pada poin diatas kita sudah melihat tujuan dari penulisnya.

Pada contoh pertama tujuannya adalah menyampaikan bahwa sang penulis tidak berharap banyak pada seorang yang di cintainya.

Yaitunya mencintai saja sudah cukup meski tidak memiliki.meski dihancurkan,akan tetap mencintainya. begitulah kira-kira makna dari puisi tersebut.

Inspirasi dari puisi pada contoh kedua adalah ketika saya pernah jalan jalan ke pantai bersama nama yang saya ubah jadi tanda bintang tersebut.

nah kita bermain beramai ramai bermain di pantai tersebut bersama teman-teman yang lain. dan jadilah puisi ini. dimana saya membayangkan ketika bermain di laut bersama dia. 

Inti cerita puisi ini adalah tentang rasa rindu yang mendalam kepada kekasih hati yang namanya di ubah jadi tanda bintang hehe……

Tips Berikutnya

Hindari Memikirkan Hal Lain

Nah poin ini cukup penting teman jika kamu kebanyakan beban pikiran maka sulit untuk fokus pada puisi yang akan kamu tulis.

Itulah gunanya membangun suasana pada poin pertama. setelah suasananya dapet kita langsung menulis paragraf pertama. lalu fokuslah teman. 

Begitupun yang saya lakukan saat membuat contoh puisi yang kedua. di atas

 

Pesan Penutup :

→Buatlah puisi yang bermakna luas

→Buatlah puisi yang menggambarkan hal-hal positif

→Jangan buat puisi yang menggambarkan hal yang dilarang agama,negara dan lingkungan sosial

→Terus semangat berkarya dalam puisi,karena  pencipta lagu,penyair,penulis novel. juga menguasai cara membuat puisi.

→Sekarang giliran kamu yang akan menjadi salah satunya

 

Terimakasih teman telah membaca cara menulis puisi ini sampai habis. untuk melihat lebih banyak contoh puisi cek di Puisi Cinta Romantis

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita sebmua ya teman Jika ada yang kurang atau kata-kata saya kurang bagus silahkan di komen ya..! selamat Berpuisi.

 

2 thoughts on “Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Beserta Contoh nya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *