Puisi Tentang Indonesia⇒ sebagai warga negara yang keren tentu kita harus mencintai negri kita sendiri, sebenarnya tanpa kita sadaripun kita telah mencintai indonesia ini dengan sepenuh hati.

misalnya ketika team sepak bola indonesia kalah, tetap kita sedih dibuatnya. bahkan sampai kesel dan memarahi para pasukan tempur yang udah capek capek penegn menang. padahal kita sendiri gak begitu paham cara yang baik bermain bola.

yang kita tau ketika kalah berarti pemainnya gak bagus.. ketika kalah berarti pelatihnya jelek. sebenarnya hal tersebut datang dari hati kita sendiri. karena saking cintanya terhadap negri kita ini. kita jadi nyalah nyalahin sak arepne dewe

itu hanya sebuah perumpamaan dari saya, bahwa sebenarnya kita semua sangat mencintai negri pertiwi ini.

nah karena itu pada artikel ini saya akan menulis beberapa puisi yang berhubungan dengan dengan indonesia, karena saya tau bahwa kita semua cinta indonesia

puisi selengkapnya cek dibawah ini teman…!

Bagian 1. Alam Indonesia

saya pernah bertanya pada teman saya yang orang bali. seperti ini..

 

saya : bli kampunglu bagus banget ya..?

bli : gak biasa aja..

saya : dih kata orang kok bagus siih sampe masuk tipi..

bli : kata gua kampunglu juga bagus…!

 

dari situlah saya baru ngerti bahwa semua daerah di indonesia ini memiliki keindahan yang memukau

meski kata kita yang tinggal disitu merasa biasa aja…! ya iyalah udah bosen… coba kek kamu mainnya gak jauhan dikit biar gaul hehe .

untuk keindahan tersebut saya menulis puisi sederhana dibawah ini cek teman…

Surga Dunia

Karya Hasbizulkarni

 

surga dunia yang kita huni

tempat berjalan tempat berdiam

tempat embun pagi bersahaja

tempat berhembusnya angin sejuk

tempat hujan tak akan sia sia

tempat aneka tumbuhan obat luka

walau aku dan kamu bisa coret semua

 

di surga dunia yang kita huni

mengalirnya jernih air kehidupan

dari sela-sela karang penyaring keburukan

lalu melewati tepian berkayu

di sisi bebatuan dibawah pohon rindang…

walau kita kadang ingin coret semua

 

Di surga dunia ciptaan Tuhan ini

untuk kesejukan ubah perih

untuk keindahan perbaiki sepi

untuk redam jiwa kerontang

untuk hibur pribadi malang

 

dan aku telah menjadi salah satunya

membuat aku sadar

bahwa berkah alam ini harus kujaga..!

Cek puisi alam lainnya di Puisi Tentang Alam

Bagian 2. Kehidupan sosial

Orang indonesia rata rata memiliki jiwa sosial yang tinggi. seperti suka membantu. atau mudah tersenyum. dan ramah tamah.

dan satu hal tentang kehidupan sosial orang indonesia yang tidak ada di negara lain adalah “Gotong Royong”.

Ya Gotong Royong memang produk asli indonesia yang harus kita banggakan. dan kita lestarikan.

dan puisi dibawah ini tentang kebersamaan orang indonesia yang terbiasa bersama dalam suka maupun duka cek teman…

Dalam

Karya hasbizulkarni

 

hiasan sebentuk senyuman

melingkari setiap hati

dalam tiupan lembut angin pagi

walau rupa-rupa seperti pelangi

dalam riuh hujan angin yang marah

dalam amarah alam kadang menghantam

dalam gelap malam tiada lentera

 

dalam bahagia

dalam sepi

dalam duka

dalam luka

 

dalam jiwa kita semua

atau salah satu jiwa kita

adalah kita semua yang terluka

aku kamu akan mereka semua

inginkan senyuman terindah

dan tak mau satupun yang terluka

syukur atas tak mengerti cara berpura-pura

sebab terlahir untuk indonesia

jika satu berarti semua merasa

cek puisi serupa di Puisi Lingkungan

Bagian 3. Puisi cinta Indonesia

puisi dibawah ini tentang diri kita sendiri yang harus menjaga indonesia, diri kita sendiri yang kan membuat bangga indonesia dengan apapun yang kita bisa, ataupun kemampuan yang kita milik.

dan semua itu akan memberi manfaat kepada bangsa kita sendiri.

dan puisi lengkapnya cek dibawah teman…

Berlian Pada Mahkota

Karya Hasbizulkarni

 

Tlah tuhan kirim Aku ke khatulistiwa

Taruh sejuta harapan bersama jiwa

bahwa kerajaan ini untuk aku sebagai raja

akan karunia sebagai manusia

dengan tahta bening di kepala….

 

tahtaku yang samar tetaplah samar

sebab tahta sebenarnya adalah isi kepala

dan di gantung dalam dada meski tetap samar

tahta yang tak akan sanggup dicuri siapapun

tahta yang ada pada jutaan manusia di negriku

 

Tahta kecerdasan..!

tahta ketangkasan..!

tahta ke baikan..!

tahta ke muliaan..!

tahta ke imanan..!

di masing masing meraka

adalah berlian pada kehormatan indonesia…!

Bagian 4. Berkarya untuk Indonesia

Jika boleh jujur.

sebenarnya apapun yang saya tulis dan saya menulis lagi untuk yang kedua. maka saya akan terpengaruh oleh tulisan saya yang pertama.

begitu juga dengan puisi dibawah ini. saya menulis puisi berlian pada mahkota di atas. dan puisi dibawah ini masih bertema agak mirip mirip.

gak tau kenapa kali. mungkin saya kurang inspirasi. bisa juga karena sulit muve on. hehe puisi selengkapnya cek dibawah teman…

Karya

Oleh Hasbizulkarni

 

kebaikan untuk diri sendiri

tentang apa yang kau suka

seperti sebuah lukisan di awan angan

penggalan kalimat di jatuhnya butir hujan

tergambar di hati yang bernada merdu

 

untuk sebuah karya demi kabahagian

tentang diri sendiri akan diri sendiri

tentang yang terlihat yang terasa

tentang yang diketahui

lalu nyatakan dengan cara sendiri

 

hingga semua telah berjalan

seperti apa yang kau inginkan

semua berlalu seperti itu

hingga semua menghasilkan

dan karyamu untuk dirimu

adalah karya untuk bangsa

adalah kebanggaan bagi indonesia

 

Bagian 5. Puisi singkat Wisata indonesia

dan puisi dibawah ini tentang wisata indonesia yang saya tulis isngkat singkat saja. dan mudah mudahan mengandung hal positive.

muali dari laut,budaya, kuliner versi puisinya juga ada. cek saja teman..!

-laut

Karya Hasbizulkarni

 

laut di negri pertiwi

berkah alam demi kehidupan

tentang keindahan

tentang kebutuhan

yang tercukupi harus kita syukuri

-pemandangan alam

Karya hasbizulkarni

 

negeriku hijau menghampar

keindahan yang kulihat tak terbilang

kesejukan tak akan lepas

pemandangan indah tak akan hilang

Anugrah atas negeriku

Karena kasih sayang Tuhan

-budaya

Karya Hasbizulkarni

 

negriku paling makmur

dengan sejuta budaya yang subur

dengan ragam kisah pelajaran menghibur

dengan aku dan kamu dan semua

menjadikan budaya terjaga sempurna

lalu bersyukur atas nikmat yang Kuasa

 

-kuliner

Karya Hasbizulkarni

 

hey kawan ini semua milik kita

untuk kita nikmati lezatnya

untuk kita rasakan bangganya

untuk berbagi dan mendapat amalnya

untuk kita semua walaupun hanya sebejana..!

belum tentu ada pada meja mewah..!

dan ada dimeja sederhana kita…

 

Penutup

  • puisi sederhana di atas di tulis sendiri oleh admin[hasbizulkarni]
  • silahkan di maknain sendiri artinya
  • jika kurang cocok dengan selera teman boleh di koreksi pada kolom berkomentar
  • jika teman suka silahkan berbagi ke akun sosmed yang teman miliki..
  • jika ingin copas diwajibkan memberi link ke artikel ini….!

terimakasih teman semoga teman teman suka dengan puisi yang saya tulis diatas. namun jika teman ingin menulis puisi sendiri lihat tipsnya  di Cara Membuat Puisi

dan semua puisi tersebut saya tulis berdasarkan kemampuan saya saja. dan tidak akan saya contek atau copas dari puisi manapun.

karena memang blog ini tempat saya mencurahkan semua yang ada dalam pikiran saya. dan berbagi dengan teman teman semua.

terimakasih teman selamat mengungkapkan Puisi Tentang Indonesia

2 comments

  1. Balas

    Spot on with this write-up, I truly assume this website wants rather more consideration. I抣l probably be again to read far more, thanks for that info.

    • Balas

      thanks also for your visit. always success

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *